Rabu, 11 Juni 2014

Virtual Reality dan keterkaitan Games dengan Virtual Reality

Virtual Reality


Pengertian Virtual Reality

Virtual Reality adalah lingkungan buatan yang disimulasikan dengan komputer yang dapat mensimulasikan suatu dunia seolah-olah user ada didalamnya dan diterima indra user sebagaimana dunia nyata. Lingkungan VR kebanyakan ditampilkan secara visual dengan bantuan alat stereoscopy display. Banyak simulasi melibatkan indra selain pengelihatan, conthnya dengan speaker untuk mensimulasikan pendengaran user.

VR yang paling simpel adalah animasi 3D yang mana user dapat menjelajah dunia tersebut dengan mengendalikan menggunakan keyboard dan mouse, contohnya adalah game yang 3D seperti game First Person dan simulasi.

Penggunaan Virtual Reality

VR digunakan dalam berbagai keperluan dari dunia militer hingga bermain video game.

Prajurit latihan terjun dengan VR

US Navy Marine latihan dengan VR

VR juga dapat digunakan untuk merasakan sensasi yang tidak mungkin dirasakan dalam dunia nyata. (atau dapat dirasakan tapi merenggut nyawa. wkwkwk)
Ingin merasakan sensasi naik roller coaster? Tapi Anda takut naik roller coaster? Coba VR dulu!
 


Anda ingin mengemudi dalam keadaan mabuk? Jangan dilakukan di dunia nyata! Cobalah sensasinya dengan VR. wkwkwk....



Alat Virtual Reality

Alat untuk VR yang paling utama adalah Stereoscopy Display, yaitu alat yang dapat menampilkan ilusi 3D pada sebuah gambar. Alat yang paling terkenal saat ini adalah Oculus Rift.

Oculus Rift

Menggunakan Oculus Rift

Games dan Virtual Reality

Penggunaan VR dalam game

VR digunakan dalam gamebertujuan agar game terasa nyata saat dimainkan. Game yang paling cocok menggunakan VR adalah game bergenre simulasi, karena simulasi dapat ditampilkan senyata mungkin dengan VR.

Contoh game yang dapat menggunakan VR

Sebenarnya Oculus Rift dapat digunakan pada hampir semua game. Contoh game yang saya tahu dapat menggunakan oculus rift adalah:

War Thunder

Game simulasi pesawat terbang ini mendukung oculus rift. Game ini berlatar belakang WW2. Anda dapat merasakan sensasi memiloti pesawat jadul tanpa radar, tanpa rudal pencari panas dan yang paling seru adalah bertempur dengan kejar-kejaran pesawat (dogfight). Mau yang lebih seru lagi? game ini adalah game online! [review ane]

Dari youtube: main War Thunder dengan Oculus

Eurotruck Simulator 2

Dalam game ini, tugas anda adalah mengantar barang dengan truck yang anda punya. Anda dapat mengupgrade mesin, ban, cat pada truk anda dengan mengumpulkan uang hasil mengantar barang anda.

Contoh gameplay dari Youtube


Virtual Reality dapat merubah dunia

VR benar-benar dapat merubah dunia. VR dapat digunakan untuk latihan yang berbahaya dalam dunia militer, sehingga yang dilatih tidak perlu berhadapan dengan bahaya. VR dapat pula digunakan untuk merasakan sensasi yang berbahaya jika dilakukan dalam dunia nyata. Banyak nyawa yang dapat diselamatkan jika orang menggunakan VR untuk mengganti kegiatan berbahaya.

Bukan tidak mungkin kedepannya VR merubah cara manusia berkomunikasi. Misalnya manusia berkomunikasi dalam suatu dunia virtual seolah-olah dalam dunia nyata.


Sumur:
http://whatis.techtarget.com/definition/virtual-reality
http://en.wikipedia.org/wiki/Virtual_reality
http://en.wikipedia.org/wiki/Stereoscopy
Youtube

1 komentar: